Pernah gak sih saat kita udah menyiapkan bahan presentasi atau naskah pidato, kita udah latihan depan kaca, udah latihan depan temen, tapi ketika waktunya bicara didepan banyak orang, malah blank, gak tahu harus ngomong apa. Bagi orang yang udah sering tampil di depan banyak orang pun kadang rasa gugup itu selalu ada. Apalagi bagi orang yang pemalu, kayaknya public speaking atau bicara di depan banyak orang adalah hal yang paling dihindari bahkan termasuk hal yang menakutkan.

Tidak ada yang salah kalau kita selalu nervous saat tampil didepan banyak orang, itu normal. Itu tandanya kita menginginkan penampilan yang memuaskan. Tapi nervous yang berlebihan akan sangat mengganggu dan merusak presentasi kamu. Berikut ini cara mengontrol rasa gugup kamu, melakukan presentasi yang efektif dan mudah diingat oleh orang-orang yang menyimak.

  1. Kenali ruangannya.

    Kamu bisa datang beberapa menit atau beberapa jam bahkan sehari sebelum hari ‘H’ kamu presentasi. Kenali ruangan, dengan berkeliling di area tempat kamu akan presentasi. Latihan menggunakan mikrofon atau alat bantu lainnya.

  2. Ketahui audience-mu.

    Ketika sampai di lokasi, kamu bisa menyapa dan berkenalan dengan beberapa audiens yang sudah datang lebih awal. Karena lebih mudah berbicara dengan teman-teman yang sudah dikenal daripada berbicara dengan orang asing.

  3. Pahami materi presentasimu.

    Jika kamu tidak paham dengan apa yang akan disampaikan atau merasa tidak nyaman dengan materinya, itu akan menambah rasa gugup kamu. Latihlah pidato dan cara bicaramu, perbaiki bila perlu dan apabila ada yang kurang sesuai.

  4. Rileks aja.

    Turunkan tensi keteganganmu dengan meregangkan otot atau olahraga ringan.

  5. Bayangkan diri kamu sedang melakukan presentasi.

    Bayangkan diri kamu yang sedang berbicara diatas panggung, suara mu yang lantang, jelas, dan yakin. Ketika kamu melihat diri kamu sukses melakukan sesuatu, dapat dipastikan kamu benar-benar akan sukses.

  6. Sadari bahwa orang-orang juga menginginkan kamu sukses.

    Audiens menginginkan penampilan yang menarik, bersemangat, informatif, dan menghibur. Mereka juga tidak ingin kamu gagal.

  7. Jangan minta maaf.

    Kalau kamu menyebutkan bahwa kamu gugup atau minta maaf dengan sesuatu yang menurutmu ada yang salah dengan presentasimu, kamu bisa saja sudah menggiring perhatian audiens mu terhadap masalah itu, padahal mereka sendiri belum tentu menyadarinya. Jadi, keep silent.

  8. Konsentrasi dengan pesan yang akan disampaikan.

    Jangan fokuskan perhatian pada kecemasan dirimu sendiri. Konsentrasi pada audiens dan pesan yang ingin disampaikan, dengan begitu kegugupanmu akan hilang.

  9. Rubah rasa gugup jadi energi positif.

    Manfaatkan energi gugup mu, rubah menjadi kekuatan dan rasa antusias.

    Baca juga: Butuh Ide Kreatif? Brainstorming Yuk!

  10. Tambah pengalaman.

    Pengalaman dapat membangun percaya diri, yang merupakan kunci dari komunikasi yang efektif. Mengikuti sebuah perkumpulan yang melatih kepemimpinan, bisa memberikan pengalaman yang kamu butuhkan.

Itu dia 10 tips mengurangi nervous saat public speaking. Intinya, banyak latihan, kuasai materi, dan percaya diri. Good luck..

 

Sumber: gurl.com
S
umber gambar: pixabayfreepic