Bandung – Selamat siang Fabbers! Akhirnya kita ketemu lagi. Semoga masih tetap produktif ya! MERDEKA!

Hari Rabu, 10 Agustus kemarin Radio Pro 2 RRI Bandung mengundang kami di programnya, Voice of Indonesia (VOI). Yang datang dari FabLab Bandung ada Manager Mas Alad dan Volunteer Aditya. Sedangkan dari AIESEC Bandung ada Vivian sebagai Vice President IGIP dan para Intern, yaitu Olga, Marek, dan Hyebin.

Broadcast dimulai dengan penjelasan Vivian tentang project Global Tourism Project yang diadakan oleh para intern AIESEC Bandung dan bantuan FabLab Bandung di Ciburial dan Jelekong. Ia menjelaskan bagaimana Bandung menjadikan pariwisata sebagai fokusnya.

“Seperti yang kita ketahui sekarang, bahkan Walikota kita Ridwan Kamil sekarang fokus terhadap pariwisata, karena Bandung sendiri merupakan salah satu titk pariwisata di Indonesia,” kata Vivian. Tak lupa juga penjelasan Mas Alad mengenai apa itu FabLab Bandung dan Global.

Para Intern AIESEC pun diberi kesempatan untuk ikut menyuarakan cerita dan pendapat mereka.

Presenter Pro 2 RRI sedang mewawancarai para intern

Presenter Pro 2 RRI sedang mewawancarai para intern

“Aku merasa setengah senang dan setengah sedih, karena kami hampir menyelesaikan project kami, dan aku akan pulang dua hari lagi,” ungkap Hyebin, intern dari Korea. “Aku akan kembali ke Australia untuk melanjutkan studiku. walaupun aku merasa senang, aku juga merasa sedih karena harus mengucapkan selamat tinggal dengan teman-teman di sini,”

Sedangkan Marek, intern dari Polandia, “Aku merasa bangga, karena aku mendapatkan kesempatan untuk bekerja di desa yang luar biasa, Ciburial, kami mencoba melakukan hal yang terbaik selama dua bulan untuk mengembangkan masyarakat dan bisnis lokal di Global Tourism Project,”.

Mereka juga menceritakan kendala-kendala yang mereka hadapi, seperti jalanan yang rusak. “Jalanan bergelombang, berbatu, sehingga sulit dilewati mobil. Semoga kedepannya pemerintah dan organisasi pariwisata dapat memperbaiki masalah-masalah itu,” ujar Hyebin.

Marek juga bercerita bagaimana keindahan alam menjadi daya tarik Ciburial. “Ciburial adalah salah satu desa terbagus di daerah ini, ” ujarnya. “Aku benar-benar merekomendasikan pemandangan matahari terbit di pagi hari (di tebing keraton). Itu adalah waktu terbaik untuk melihat pemandangan,” lanjutnya.

Olga juga tak lupa menjelaskan keunggulan desa Jelekong. “Kami menemukan berbagai potensi di sini. Desa ini terbagi menjadi dua bagian; wayang dan lukisan”. “Kami mengundang orang-orang ke program Open Trip kami, dan kami mengadakan berbagai program seperti pertunjukan wayang, tari tradisional, makanan sunda dan workshop lukisan untuk mereka coba,” ujarnya.

“Aku harap generasi selanjutnya lebih memperhatikan budaya daripada alam”, kata Olga.

Setelah 24 menit berbincang bersama, akhirnya sesi program ini berakhir. Tak lupa kami mengambil foto bersama sebelum pulang. Terima kasih banyak Radio Pro 2 RRI Bandung atas kesempatan yang berharga!

Foto bersama AIESEC Bandung, FabLab Bandung dan RRI Bandung

Pantau terus update kami, dan sampai jumpa di radio broadcast selanjutnya!