Bandung – Selamat Siang Fabbers! Gimana kabarnya nih? Wah, pasti makin kreatif aja yah!

Poster CreativeMornings

Ngomong-ngomong soal kreatif, hari Jum’at, 26 Agustus lalu kami diundang lagi untuk datang ke acara CreativeMornings Bandung di Morning Glory Coffee Bandung. CreativeMornings adalah adalah seri kuliah pagi untuk komunitas kreatif. Acaranya terdiri dari kuliah singkat, tanya-jawab, dan sarapan bersama. Diadakan sebulan sekali pada pagi hari, gratis, dan terbuka untuk siapapun.

Acara yang dimulai dari jam 10:00 sampai jam 11:00 pagi ini dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta dari berbagai kalangan, seperti pelajar, komunitas, dan bahkan para pekerja. Dari FabLab Bandung sendiri ada Manager kita Mas Alad, dan tiga Volunteer yaitu Edo, Ihya dan Fahmi. Tema acara kali ini adalah “Aneh”.

Pertemuan ini dibuka oleh Host, mbak Rice, dan juga mengundang seorang guest speaker, Senartogok dengan talkshow-nya, “Not a creep, but a weirdo”, yang membahas keanehan dan keunikan dalam jalan kehidupan. Di sesi ini ia menceritakan apa definisinya soal “unik” dan “aneh”, dan bagaimana ia menghadapinya dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Ia juga mengajak para partisipan untuk bernyanyi bersama.

<i>Fahmi dan Edo mewawancarai Senartogok</i>

Fahmi dan Edo mewawancarai Senartogok

Seusai acara, kami juga menyempatkan diri untuk mewawancarai sang guest speaker ini, Senartogok. Ia adalah seorang aktivis, musisi dan seniman jalanan. Ia memiliki perspektif dan pemikiran yang unik, khususnya soal individualisme. “Gimana kita membawa kemampuan individu sampai sejauh mana sih? Andaikan semua orang bisa punya itu. Kan gila,” Ujarnya.

“Bukan menolak bantuan orang, ya. Tapi meminimalisir (bantuan) itu. Jadi memunculkan tenaga temen-temen,” Lanjutnya.

Ia juga mempunyai pandangan yang unik soal ‘unik’. “Saya benci dengan slogan sharing, ‘Beda, mereka 100%’. Nggak! Saya nggak pingin beda, tapi unik. Uniknya sebenernya batin saya,” katanya.”Sudah hampir 10 tahun saya kayak begini, aman-aman aja. Banyak temen. Besok kita nggak tahu (bakal) kenal siapa lagi,” jelasnya.

Kita juga tak lupa untuk mewawancarai Rice Tee, Host CreativeMornings Bandung.

Edo dan Mas Alad mewawancarai Rice Tee, Host CreativeMornings Bandung

Edo dan Mas Alad mewawancarai Rice Tee, Host CreativeMornings Bandung

“Tujuannya (CreativeMornings Bandung) itu untuk ‘City Branding’ sih. Sebenarnya kan Bandung itu kan kota kreatif berdasarkan UNESCO,” Kata Rice. “CreativeMornings ini kan dari New York, Jadi kita mengikuti patokan mereka,”.

Ia juga menegaskan kalau mereka tidak mengambil keuntungan dari acara ini.

“Ini kan non profit, jadi kita memang tidak mengambil uang, dan memang nggak boleh. Jadi acara harus tetap free.” Jelasnya.

Hari menjelang siang, acara pun berakhir. Sebelum kembali lagi ke FabLab Bandung, kita menyempatkan diri untuk berfoto bersama. Cheese!

Oh ya, kita bakal jadi speaker di CreativeMornings bulan depan lho! Jangan lupa datang ya!

Stay tuned update kita ya! See you next time!