Brainstorming adalah cara kita mencari ide-ide kreatif. Kegiatan ini bisa dilakukan sendiri atau bersama grup. Kalau dalam sebuah grup, kita mendiskusikan tentang project yang ingin kita buat. Diskusi berlangsung mulai dari memaparkan latar belakang, tujuan, kegunaan, hingga dampak apa yang akan terjadi kalau kita membuat project tersebut. Ya, namanya juga brainstorm, kita berusaha mengeluarkan semua yang ada di otak untuk membuat sesuatu.

Nah, gimana ya kalau ternyata saat itu kita merasa otak kita stuck, tidak bisa mengeluarkan ide-ide kreatif. Selain itu, kita kadang kita justru takut dengan ide kita sendiri. Tenang, ada nih caranya agar otak kita mudah bekerja sebagaimana mestinya. Apa aja?

 

  1. Brainstorming sendiri

Yak, kamu bisa brainstorming sendirian. Kebanyakan orang dua kali lebih banyak menghasilkan ide saat bekerja sendiri ketimbang ketika berada dalam kelompok.

  1. Jalan kaki

Saat mencoba brainstorming sendirian, kamu bisa melakukannya sambil jalan-jalan. Sebuah studi membuktikan, berjalan kaki bisa menambah kreativitas otak.

  1. Jangan takut dengan ide sendiri

“People’s reactions to ideas: Bad ideas: That’ll never work, Good ideas: That could work, Great ideas: That’ll never work.” –Aaron Levie.

Orang-orang cenderung merealisasikan ide-ide yang aman dan mungkin untuk terjadi. Kita terkadang takut dengan ide-ide besar yang menurut kita menakutkan. Padahal tidak ada yang tidak mungkin, ketika kamu tetap mengerjakan sebuah ide yang kamu rasa tidak mungkin, kamu sedang mengerjakan sesuatu yang luar biasa. Sebuah ide menjadi buruk ketika kamu tidak berusaha merealisasikannya.

  1. Cari ruangan yang sesuai

Untuk mendapatkan ide besar, duduk di ruangan dengan langit-langit yang tinggi. Kalau sedang ingin menganalisa, duduk di ruangan yang lebih sempit.

  1. Inkubasi ide

Brainstorming bukan merupakan one step process. Ide butuh diinkubasi kadang berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Jika kamu merasa tidak mendapat solusi, istirahat dulu. Dengan menginkubasi ide, akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

  1. Lakukan brainstorming di lingkungan yang kreatif

Pastinya, brainstorming dengan orang-orang kreatif akan menambah ide-ide brilian. Dan lakukan di sebuah creative space atau tempat yang menyenangkan.

  1. Berawal dari ide sederhana

Tidak usah selalu bertujuan untuk membuat suatu terobosan spektakuler. Ide yang luar biasa dihasilkan dari banyak ide-ide kecil.

  1. Siapkan moderator

Tunjuk satu moderator saat brainstorming agar ide atau diskusi selalu on the track.

  1. Play Pictionary

Ketika brainstorming, gambar ide tersebut, jangan hanya di tuliskan atau diutarakan.

  1. Filter ide

Setelah brainstorming, pilih ide yang cerdas, spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batas waktu.

Tips terakhir nih guys, jangan mengharapkan inspirasi untuk bisa menyelesaikan suatu produk. Brainstorming untuk mencari dan memberi inspirasi, bukan menyelesaikan suatu pekerjaan.

Itu dia beberapa tips buat kamu yang merasa membutuhkan ide-ide kreatif. Jangan takut dengan ide-ide yang kamu miliki. Jangan takut juga untuk melakukan brainstorming dengan orang-orang sekitar mu yang sekiranya mendukung ide mu. Siapa tahu dari sebuah ide yang sederhana, justru bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak. Keep creative ya guys!

 

Sumber: slideshare.net

Sumber foto: pixabay.com freepik.com