Ada saatnya kita bersemangat melakukan apapun, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dengan hasil yang bagus. Tapi ada kalanya kita merasa bosan dengan rutinitas kerja, bahkan pada hal yang kita sukai sekalipun. Rasa bosan adalah hal yang manusiawi dan biasa terjadi pada manusia, tapi kita gak boleh larut dalam kebosanan dan rasa malas. Kita harus tetap menghasilkan sesuatu dan produktif. Gimana aja caranya biar tetap dalam kondisi yang produktif? Kita bakal kasih tips nya, berikut ini yang dirangkum dari beberapa sumber:

  1. Segera mulai.

Dengan memulai sebuah pekerjaan, pastinya bakal lebih cepet dan mudah untuk diselesaikan. Yaialah, kalo kerjaan cuma diliatin aja, ya gak bakal selesai-selesai.

  1. Manfaatkan waktu yang sedikit.

Walaupun kita hanya punya sedikit waktu atau dateline yang padet, tapi sebenarnya kita tetap bisa memanfaatkan waktu yang sempit jadi maksimal, kalau kita focus dan giat.

  1. Be unavailable.

Disaat jam kerja atau waktunya untuk membuat sebuah project, pastikan untuk tidak menerima tamu atau hal-hal yang akan men-distract pikiran. Jadi energi kita bener-bener tersalurkan untuk project besar yang lagi dibikin.

  1. Selesaikan terlebih dahulu.

Jangan terlalu focus untuk membuat sesuatu yang sempurna. Selesaikan dulu semuanya. Kalau kita terus berpikir mencapai kesempurnaan, yang ada apa yang kita kerjakan gak selesai-selesai. Seenggaknya kita bisa melakukan evaluasi setelahnya.

  1. Take a break

Istirahatlah ditengah-tengah pekerjaan. Misal, istirahatlah sebentar selama 20 menit diantara 90 menit sesi kerja.

  1. Get a natural light

Buat suasana ruang kerja senyaman mungkin dengan keadaan yang bisa meningkatkan produktivitas kita. Suasana yang hangat dengan pencahayaan natural bisa bikin mood kita happy.

  1. Tidur sebentar.

Young hipster woman tired for work and nap on workplace .

Ditengah kerja yang padet, sempatkan untuk tidur sebentar, sekitar 10-30 menit.

  1. Bangun lebih awal.

Sebuah studi membuktikan, kebanyakan CEO memulai harinya sebelum jam 6 pagi.

  1. Go offline.

Sementara jangan gunakan internet, media sosial, dan email ketika mengerjakan project atau tugas.

  1. Buat to-do list.

Dengan menulis apa yang harus dilakukan, kita jadi memiliki target yang pasti.

  1. Jangan lupa untuk sarapan.

Makan pagi terbukti memberi asupan energi yang banyak untuk aktivitas kita seharian.

So, itu dia sebelas tips menjaga produktivitas. Yang muda, yang berkarya. Selagi masih ada tenaga, jangan sia-siakan energi kita yang bisa dipakai untuk membuat banyak hal yang bermanfaat, bagi diri sendiri atau orang lain. Stay positive and be productive yaaaa!