Kalo kamu seorang pengusaha, kamu pasti tahu betapa pentingnya brand awareness. Hal terpenting menciptakan strategi brand awareness adalah ketika pelanggan kamu ingin membeli apa yang mereka butuhkan, mereka akan langsung mengingat produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Sekarang kamu pasti lagi memikirkan beberapa brand merek terkenal. Yup! They’ve done an excellent job, menciptakan brand awarness. Mereka udah berhasil menciptakan sesuatu yang familiar di telinga, mata, dan perasaan semua orang, hehe.

Satu hal yang bisa dipelajari dari merek-merek besar adalah mereka selalu melihat ke masa depan dan selalu mencoba menciptakan brand awareness yang sesuai dengan generasi yang akan datang. Siapa yang gak kenal dengan Coca-Cola? Kayaknya semua orang udah familiar kan dengan merk yang satu itu. Nah, bahkan perusahaan sebesar Coca-Cola pun masih dan gak pernah berhenti meningkatkan brand awareness mereka.

Salah satu cara menciptakan kesadaran terhadap suatu merek adalah melalui iklan online. Beberapa orang ada yang mengukur keberhasilan kampanye online-nya dengan hanya menghitung rasio jumlah klik iklan yang telah mereka buat. Tapi brand awareness gak cuma dimunculkan melalui iklan online, walaupun iklan online pun cukup ampuh.

Berikut ini 10 cara yang bisa kamu lakukan agar brand kamu mudah dikenal orang banyak.

  1. Memberikan pelayanan yang baik

Saat ini, kebanyakan pelanggan mencari jaminan, pelayanan yang cepat dan layanan yang baik setelah penjualan. Dalam melakukan jual-beli online pelayanan yang ada sering menjadi faktor utama yang menentukan keputusan akhir pelanggan, jadi membeli atau memakai jasa kita, atau tidak.

  1. Berbagi cerita kenapa kamu ada dalam bisnis yang sedang kamu jalani

Klien di Internet dan pelanggan anda ingin tahu siapa orang dibalik brand atau barang yang akan mereka beli. Ini akan mempengaruhi rasa percaya dan cara mereka menyukai brand kamu. Mereka juga mungkin akan terenyuh dengan cerita perjuangan kamu membangun perusahaan dari awal hingga sekarang. Asal jangan dibuat-buat dan membohongi pelanggan, ya.

  1. Berusaha untuk menjaga nama brand anda tetap ada dipasaran

“Out of sight and out of mind”, kamu gak kelihatan, kamu akan terlupakan. Fakta dalam dunia bisnis internet: Kalau kamu gak konsisten dan aktif mengingatkan target pasar kamu tentang brand yang kamu bikin, mereka akan cepet lupa dan pergi mencari brand lain.

  1. Berikan nilai – lebihi ekspektasi pasar

Agar pasar dan pelanggan lebih mengenal brand kamu, berikan nilai dan pemahaman tentang produk dan jasa kamu. Selain pemahaman mereka yang lebih baik, mereka juga akan lebih respect dengan produk yang kamu tawarkan. Misalnya, kamu bisa ngasih seminar, webinar, atau membuka kelas untuk pelanggan.

  1. Berikan tips atau how to’s lewat postingan atau email

Sekali lagi, “Out of sight, out of mind.” Kalau kamu gak teratur staying in touch dengan pelanggan atau target pasar kamu, kamu akan kehilangan bisnis kamu.

  1. Menulis blog

Salah satu cara untuk membantu target pasar kamu kenal, suka, dan percaya sama brand kamu adalah dengan menulis blog yang berisi informasi, hiburan, dan edukasi. Kunci dari blog yang bagus adalah konsistensi. Kamu bisa mengambangkan kesetian kamu terhadap pelanggan dengan secara teratur memberikan posting-an informasi yang berkualitas dan value untuk target pasar kamu.

  1. Mengembangkan, memproduksi Talk Show Radio Sendiri

Gak cuma lewat iklan atau postingan, kamu bisa banget meningkatkan rating dan anggapan orang-orang bahwa kamu dan brand kamu sebagai “ahlinya”. Dengan memberikan pertunjukan radio internet gratis, kamu bisa menggapai pasar yang lebih luas lewat Blog Talk Radio Show yang kamu kelola sendiri. Manfaat lainnya membuat acara blog talk radio sendiri adalah, setelah acaranya direkam, kamu bisa men-download ke blog atau website kamu.

  1. Buat grup Facebook

Sumber pemasaran gratis lainnya untuk pelanggan internet kamu adalah lewat grup facebook. Disana pelanggan kamu bisa berbagi tips, menanyakan berbagai pertanyaan dan membentuk networking saru sama lain. Manfaat untuk kamu, kamu tetep stay in touch dengan target pasar kamu in “real-time”.

  1. Menulis buku

Jika kamu rutin menulis di blog atau artikel, maka kamu berpotensi membuat sebuah buku. Kamu bisa bikin di Amazon Kindle atau menerbitkan sendiri menggunakan layanan seperti CreateSpace. Mudah dan murah pastinya.

  1. Gunakan logo dan foto yang sama disemua alat pemasaran kamu

Ini yang seringkali diabaikan. Tetap konsisten dengan branding kamu. Gunakan foto dan logo yang sama di blog, setiap banner dan bentuk pemasaran online lainnya. Ini salah satu cara tambahan agar kamu langsung dikenali oleh target pasar.

Baca juga: 11 Cara Produktif Sepanjang Hari

Itu dia, sepuluh yang bisa kamu coba agar target pasar kamu mudah mengenali brand kamu. Jangan lupa, kamu bakal sukses dengan cara apapun asal kamu berkomitmen dan konsisten. Good luck..

 

Sumber: Forbes.com